Skripsi
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Pada Siswa Kelas V Mi Ma'arif Ropoh Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction. Penelitian dilaksanakan di MI Ma’arif Ropoh Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo dengan subjek penelitian siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2016/2017. Dengan jumlah siswa 29, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dengan latar belakang masalah bahwa pembelajaran matematika di MI Ma’arif Ropoh masih menggunakan metode konvensional.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi (4) refleksi tindakan. Instrumen pengumpulan data mengunakan tes dan lembar observasi serta telah memenuhi syarat validitas. Teknik analisis data mengunakan perhitungan rata-rata dan persentase.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Ma’arif Ropoh. Hal tersebut ditunjukkan dari data yang diperoleh, pada prasiklus siswa yang tuntas ada 34,48 % dengan nilai rata-rata 50,86 meningkat pada siklus I yaitu 37,93% dengan nilai rata-rata 65,86 dan meningkat lagi di siklus II yaitu 100 % dengan nilai rata-rata 83,38.
Kata kunci : Team Accelerated Instruction, Prestasi Belajar, Matematika.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain