Skripsi
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Materi Penyerangan Pasukan Bergajah Terhadap Ka'bah Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Iii Mi Muhammadiyah Tlogodalem Kertek Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Skripsi ini dilatarbelakangi dari proses belajar mengajar Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas III MI Muhamadiyah Tlogodalem Kertek Wonosobo yang masih jauh dari ideal, karena di lihat dari prestasi belajar nilai ketuntasan belajar SKI dengan KKM 70 tahun pelajaran 2014/2015 hanya berkisar 50%-60% dari seluruh jumlah siswa kelas III MI Muhamadiyah Tlogodalem Kertek Wonosobo yang tuntas, seharusnya KKM yang diperoleh oleh siswa adalah 70% - 80% dari jumlah seluruh siswa. Salah satu usaha untuk mengatasi keadaan demikian ialah penggunaan media secara terintegrasi dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Apakah prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada materi pokok penyerangan tentara bergajah terhadap Ka’bah dapat ditingkatkan dengan penerapan media audio visual pada siswa Kelas III MI Muhamadiyah Tlogodalem Kertek Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Kajian ini menunjukkan bahwa: Prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas III MI Muhamadiyah Tlogodalem Kertek Wonosobo pada materi pokok penyerangan tentara bergajah terhadap ka’bah setelah menerapkan media audio visual pada Tahun Pelajaran 2015/2016 terjadi peningkatan tiap siklusnya dimana pada pra siklus ada 4 siswa atau 25% dari jumlah siswa 16 siswa, naik menjadi 9 siswa atau 57% pada siklus I dari jumlah siswa 16 siswa, dan ada 12 siswa atau 75% pada siklus II dari jumlah siswa 16 siswa. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan KKM yaitu 70 sebanyak 75% dari jumlah 16 siswa sudah tercapai. Begitu juga pada keaktifan belajar siswa pada siklus I ada 7 siswa atau 44%, naik menjadi 13 siswa atau 81% pada siklus II. Ini menunjukkan siswa sudah aktif dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Media, dan, Audio Visual
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain