Pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di madrasah-madrasah dan sekolah-sekolah selama ini masih sekedar menjadi mata pelajaran biasa yang harus ditempuh untuk menyelesaikan proses pendidikan. Hal ini dikarenakan pembelajaran bahasa Arab masih terkesan monoton dan menggunakan metode klasik yang terkesan membuat siswa cepat jenuh. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah karena minimnya …
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah dikarenakan hasil observasi yang menunjukkan bahwa penguasaan mufradat peserta didik kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo masih sangat rendah. Dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab di kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan didalam belajar. Guru juga dalam me…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran MufradatBahasa Arab dengan metode menyanyi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Neg…