Perkembangan model pembelajaran dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Salah satu model pembelajaran yang kini banyak mendapat respon adalah model pembelajaran kooperatif. Pada model pembelajaran kooperatif siswa diberi kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan temannya untuk mencapai tujuan pembelajaran, sementara guru bertindak sebagai motivator dan fasilitator akt…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction. Penelitian dilaksanakan di MI Ma’arif Ropoh Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo dengan subjek penelitian siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2016/2017. Dengan jumlah siswa 29, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perem…
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together)prestasi belajar PAI siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Garung dapat meningkat khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Garung Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) di…
Salah satu masalah pokok yang umum di alami oleh guru dalam kegiatan pembelajaran adalah daya serap siswa yang rendah dalam penguasaan materi pelajaran. Indikasi daya serap belajar yang rendah adalah nilai ulangan yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yang sudah ditentukan, prestasi belajar yang rendah, serta tugas yang diberikan (PR) tidak dikerjakan. Kalaupun dikerjakan siswa lebih …
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran IPA dalam setting pembelajaran kooperatif TSTS pada kelas VIII MTs Cokroaminoto Wanadadi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus dilaksanakan selama 3 kali pertemuan, dimana 2 kali pertemuan digunakan untuk proses belajar mengajar dan 1 kali pertemuan dig…