Skripsi
Studi kolerasi antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VIII Mts. Ma'arif ngalian Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012
Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan alat peraga pada mata pelajaran PKn di kelas V MI Ma’arif Ngalian Tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui efektifitas belajar PKn dengan menggunakan alat peraga di kelas V MI Ma’arif Ngalian Tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperiment didasarkan bahwa data yang diperoleh berupa angka dan yang akan diungkap adalah hubungan dan pengaruh antara penggunaan alat peraga dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat kelas V MI Ma’arif Ngalian. Untuk menganalisi signifikansi peningkatan prestasi belajar sebelum menggunakan alat peraga dengan hasil belajar setelah menggunakan alat peraga digunakan uji t-test dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan alat peraga pada mata pelajaran PKn kelas V materi Sistem Pemerintahan Pusat dan Daerah di MI Ma’arif Ngalian menggunakan alat peraga visual yaitu dengan menggunakan gambar-gambar. Adapun proses pembelajaran dengan alat peraga ada enam langkah yaitu: menetapkan tujuan, persiapan guru, persiapan kelas, penyajian pelajaran dan peragaan, kegiatan belajar dan evaluasi. Jadi alat peraga tepat digunakan untuk pembelajaran PKn materi Sistem Pemerintahan Pusat dan Daerah. Prestasi belajar PKn pada materi Sistem Pemerintahan Pusat dan Daerah siswa kelas V MI Ma’arif Ngalian Wadaslintang termasuk dalam kriteria baik, mayoritas siswa, 48% masuk dalam kategori nilai sangat baik dan 11 siswa (44%) baik dengan rata-rata kelas 83,6, atau jika dilihat dari ketuntasan belajar ada 23 anak yang memperoleh nilai > 70 atau 92% tuntas. dan hanya dua siswa yang belum tuntas pada meteri tersebut. Penggunaan alat peraga terbukti efektif untuk meningkatkan prestasi belajar PKn materi Sistem Pemerintahan Pusat dan Daerah kelas V MI Ma’arif Ngalian Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 7,46> 1,71 maupun 2,48. Kemampuan awal PKn sebagai variabel sertaan memberikan sumbangan terhadap prestasi belajar PKn dengan alat peraga siswa sebesar 14,337%. Analisis Regresi menghasilkan harga fhit > ft,5% dengan koofisien korelasi ry = 0,379 dan koofisien determinasi ry2 = 0,143. Hasil ini menunjukan adanya hubungan dan sumbangan yang berarti antara penggunaan alat peraga dengan prestasi belajar PKn.
Kata Kunci: Efektifitas, Alat Peraga, Prestasi Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain