Skripsi
Penerapan Frekuensi Belajar dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas iv di Mi Ma'arif Kebondalem, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2017/2018
Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan jasmani dan rohani serta intelektual seorang anak di pengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam hal ini peranan keluarga khususnya orangtua sangatlah penting. Lingkungan keluarga disebut sebagai lingkungan pendidikan pertama dan yang utama bagi anak, karena keberhasilan pendidikan anak dalam keluarga akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pendidikan berikutnya. Namun seiring berkembangnya zaman, banyak ibu rumahtangga yang juga menjadi wanita karir yang mana beberapa dari wanita karir tersebut sebagian besar perhatian yang dicurahkan kepada buah hati sangatlah sedikit. Hal ini sangat berpengaruh kepada perkembangan sang buah hati baik dari segi emosional, spiritual, maupun intelektual.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)bagaimana frekuensi belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif kebondalem, 2)bagaimana pengawasan orangtua siswa kelas IV di MI Ma’arif kebondalem, 3) apakah ada pengaruh antara frekuensi belajar dengan hasil belajar siswa, 4) apakah ada pengaruh pengawasan orangtua terhadap hasil belajar siswa, 5) apakah ada pengaruh frekuensi belajar siswa dan pengawasan orangtua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasi product moment dan korelasi ganda (multiple correlation). Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas IV. Dalam penelitian ini tidak dilakukan sampel melainkan hanya populasi, karena jumlah murid kelas IV sedikit. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara, angket, tes dan observasi. Penerapan frekuensi belajar dan pengawasan orangtua siswa kelas IV di MI Ma’arif Kebondalem baik sehingga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Secara kuantitatif frekuensi belajar siswa dan pengawasan orangtua baik dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis korelasi product momnet dan korelasi ganda dengan menggunakan tingkat signifikansi sebesar 5% menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Kebondalem, 2) Terdapat pengaruh pengawasan orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Kebondalem, 3) Terdapat pengaruh frekuensi belajar dan pengawasan orangtua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Kebondalem.
Kata Kunci: frekuensi belajar, pengawasan orangtua, hasil belajar
Tidak tersedia versi lain