Skripsi
Inkultirasi Kegiatan Ekstrakulikuler Praktik Ibadah di Mts Ma'arif 2 Muntilan Kabupanten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017
Permasalahan yang dikaji dalam peneltian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler praktik ibadah (2) Bagaimanakah kemampuan ibadah siswa. (3) Bagaimana usaha-usaha yang dilakukan sekolah dalam kegiatan ekstrakurikuler praktik ibadah.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang membangun makna berdasarkan data lapangan. Prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari data tersebut diambil kesimpulan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan INKULTURASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAKTIK IBADAH DI MTs. MA’ARIF 2 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017.
Hasil dari analisis inkulturasi kegiatan ekstrakurikuler praktik ibadah terhadap kemampuan ibadah siswa di MTs. Ma’arif 2 Muntilan. Pertama dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler praktik ibadah ini meliputi menghafal do’a harian, metode yang digunakan ketika kegiatan berlangsung, dan mekanisme pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler praktik ibadah. Selanjutnya untuk kemampuan ibadah siswa MTs. Ma’arif 2 Muntilan masih bervariatif, ada yang sudah dikatakan mampu dan ada yang belum mampu. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Usaha-usaha yang dilakukan oleh MTs. Ma’arif 2 Muntilan diantaranya memasukkan unsur-unsur praktik ibadah ke dalam kegiatan-kegiatan sekolah, berdo’a sebelum kegiatan dan mengadakan kegiatan makesta dan mabisa.
Kata kunci : Inkulturasi, Ekstrakurikuler, Praktik Ibadah.
Tidak tersedia versi lain