Skripsi
Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Moral di Sekolah Berbasis Pesantren
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) semakin merosotnya pendidikan moral bagi peserta didik, (2) model penanaman pendidikan moral masih lemah dan harus dikuatkan karena pentingnya pendidikan moral bagi peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang membangun makna berdasarkan data lapangan. Prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna data terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari data tersebut diambil kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya internalisasi nilai-nilai pendidikan moral di sekolah berbasis pesantren di SMP Alfa Ali Maskhur, (2) sejauh mana penerapan nilai-nilai pendidikan moral di sekolah berbasis pesantren sebagai aplikasi pendidikan moral. Proses dari internalisasi nilai-nilai pendidikan moral di sekolah berbasis pesantren bisa menjadi tolak ukur mendidik generasi muda untuk memperbaiki moral dan bisa menjadi panutan pendidikan karakter peserta didik, melihat kurikulum yang menuntut pendidikan karakter. Termasuk menjadi salah satu solusi permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia yaitu pendidikan moral.
Menurunnya pendidikan moral di kalangan remaja maupun dewasa sudah menjadi problematika umum dan merupakan pertanyaan yang belum terjawab. Kemerosotan moral ini bukanlah suatu yang bisa dibanggakan karena hal itu yang membuat negara kita tampak kurang berwibawa di dunia internasional. Perkembangan pendidikan formal yang berbasis pesantren bisa menjadi alternatif solusi yang dalam hal ini bisa mengaplikasikan pendidikan moral di kehidupan sehari-hari, menjadi harapan besar bagi pendidik untuk menginternalisasikan nilai-nilai moral dalam pendidikan yang pada dasarnya peserta didik sudah dilandasi materi ataupun pengetahuan di pesantren dan bisa dikembangkan dalam pendidikan formal. Sekolah berbasis pesantren semakin banyak dan peminat orang tuan dan peserta didik pun semakin banyak, hal tersebut menjadi peluang besar menjadikan generasi muda semakin berakhlak, bermoral dan bisa meninggikan derajat bangsa sebagai negara yang mempunyai kepribadian moral tinggi.
Kata kunci: Nilai-nilai, Moral dan Pesantren
Tidak tersedia versi lain