Skripsi
Prinsip Mendidik Sebagai Amanah
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa indonesia adalah terjadinya degradasi akhlak mulia peserta didik. Para ahli pendidikan umumnya sepakat bahwa hal tersebut tidak lain disebabkan faktor pendidik. Dalam pendidikan di indonesia guru menjadi peran utama dalam proses pendidikan walaupun sesungguhnya tanggungjawab utama mendidik adalah orangtua, namun karena keterbatasan kemampuan dan lain hal tanggungjawab pendidikan dilimpahkan keoada lembaga khususnya kepada guru. Bagaimana guru mampu menjalankan dan mengelola peserta didik untuk menjadi manusia yang kaffah atau insan kamil.
Penulisan skrispi dengan judul prinsip mendidik sebagai amanah (kajian buku guru sejati: membangun insan berkarakter kuat dan cerdas karya M. Furqon Hidayatulloh bertujuan untuk mengetahui bagaiamana mendidik dan karakteristik pendidik dalam Al-Qur’an,amanah dalam Pendidikan Agama Islam, dan mendidik sebagai amanah dalam buku Guru Sejati karya M. Furqon Hidayatulloh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), untuk mengetahui dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data menggunakan dokumenter sebagai cara untuk mencari teori yang bersumber pada buku, makalah, dan internet. Sedangkan analisisnya dengan menggunakan teknik deskriptif, deduktif dan komparasi.
Hasil dari analisis dalam penelitian ini adalah pendidik (guru) adalah orang yang menerima tanggungjawab pendidikan terhadap peserta didik, jadi mendidik adalah amanah bagi peserta didik yang harus diemban dengan penuh rasa tanggungjawab yang disebutkan dajam QS. Al-Anfalayat 28. Supaya amanah tersebut dapat terlaksana guru harus memiliki prisip yang brdasarkan pada Al-Qur’an dan meneladani sifat Nabi Muhammad SAW. M. Furqon Hidayatulloh mengatakan guru harus memiliki samanya agar dapat menjalankan amanahnya untuk mendidik dengan baik.
Kata kunci: Prinsip, Mendidik, Amanah
Tidak tersedia versi lain