Skripsi
Kegiatan Dzikir Dan Tahlil Bersama Dalam Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Karakter Siswa Kelas V Di MI MAARIF Kejiwan Wonosbo Tahun Pelajaran 2016/2017
Pendidikan karakter telah menjadi sorotan tajam bagi dinas pendidikan, di wujudkan dengan pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam seluruh mata pelajaran disekolah. Hal ini merupakan bukti bahwa pendidikan pada saat ini tidak hanya menekankan pada aspek kognitif untuk peserta didik melainkan dalam aspek sosial dan keagamaan. Selain perubahan dalam kurikulum, setiap sekolah selalu berusaha untuk mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dan sosial melalui berbagai kegiatan di sekolah. Seperti halnya kegiatan dalam pembelajaran dikelas, jumat gotong royong, bekerjasama dalam menjaga kebersihan lingkungan, kegiatan tahlil setiap hari dan kegiatan keagamaan lainnya.
Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui cara membentuk siswa menjadi berkarakter, dengan tahapan motivasi, peneladanan, serta pembiasaan, mengetahui dalam menerapkan nilai-nilai sosial dan pendidikan sehingga dapat tertanam pada peserta didik melalui kegiatan yang ada di Mi Ma’arif Kejiwan Wonosobo. Tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah sebagai salah satu pembiasaan amaliyah warga NahdlotulUlama yang salah satunya adalah tahlil.
Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara dengan pihak terkait diantaranya adalah kepala sekolah, guru kelas, (guru pendamping kegiatan dzikir dan tahlil) dan peserta didik, serta metode dokumentasi.
Untuk analisisnya, penulis berusaha menggambarkan tahapan yang di terapkan di Mi Ma’arif Kejiwan Wonosobo untuk mendidik peserta didik agar lebih mengenal nilai-nilai pendidikan karakter sehingga menjadi berkarakter, kegiatan yang diteliti adalah pada saat kegiatan tahlilan bersama di halaman sekolah setiap hari jumat yang ada di sekolah, serta gambaran para pendidik dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter.
Setelah diadakan kegiatan siswa menjadi mengerti akan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam kegiatan tahlil, diantaranya karakter religius, mandiri, bersahabat, dan bertanggung jawab dan bisa menerapkannya didalam kehidupan sehari-harinya. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan agar siswa mengetahui apa itu tahlil. Selain agar siswa menjadi mengetahui apa itu tahlil, tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah sebagai salah satu pembiasaan amaliyah warga Nahdlotul Ulama yang salah satunya adalah tahlil.
Kata Kunci: Dzikir, tahlil, nilai-nilai pendidikan karakter.
Tidak tersedia versi lain