Skripsi
Penerapan Metode Yadain Dalam Meningkatkan Hafalan Al-qur'an Santri Karantina Pondok Pesantren Miftahul Huda Siwatu Desa Bumireso Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun 2016/2017
Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat islam, dengan jaminan pemeliharaan al-Qur’an tidak berarti umat islam terlepas dari tanggung jawab dan kewajiban untuk memeliharanya dari tangan-tangan jahil yang tidak henti-hentinta mengotori dan memalsukannya. Umat Islam pada dasarnya masih berkewajiban untuk secara nyata memeliharanya karena pemeliharaan terbatas sesuai sunatullah yang telah ditetapkannya, sehingga tidak menutup kemungkinan Islam sendiri tidak memeliki kepedulian terhadap kemurnian al-Qur’an. Salah satu bentuk usaha nyata dalam proses pemeliharaan kemurnian al-Qur’an itu ialah dengan menghafal al-Qur’an.
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui penerapan metode yadain serta kelebihan dan kekurang metode tersebut di pondok pesantren Miftahul Huda. Mendeskripsikan dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat proses menghafalkan al-Qur’an dengan menggunakan metode yadain, metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif yang pendekatannya deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara responden yaitu guru pembimbing dan santri karantina serta observasi di pondok pesantren Miftahul Huda Siwatu Wonosobo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode menghafal dengan metode yadain di pondok pesantren Miftahul Huda seperti semangat menghafal al-Qur’an, cara-cara untuk menjaga hafalannya, amalan-amalan yang membantu proses menghafal al-Qur’an. Berdasarkan hasil wawancara dengan responden yang berasal dari ustadz, pengasuh dan santri, menunjukkan bahwa metode menghafalkan dengan menggunakan metode yadain menunjukkan proses yang baik dan sangat cocok untuk para penghafal al-Qur’an dengan jangka waktu yang pendek karena kesibukan pekerjaan.
Kata Kunci: Metode Yadain, Penerapan, menghafal al-Qur’an, Santri.
Tidak tersedia versi lain