UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Penerapan Multimedia Interaktif UNTUK Meningkatkan Prestasi Belajar QAW Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif Gondang Watumalang Tahun PELAJARAN 2015/2016

Nur Azizah - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran qawaid kelas VIII MTs Ma’arif Gondang Watumalang Wonosobo, untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar qawaid siswa kelas VIII MTs Ma’arif Gondang Watumalang Wonosobo setelah menggunakan multimedia interaktif, dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada siswa yang menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran qawaidbahasa Arab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Ma’arif Gondang yang berjumlah 58 siswa. Sampel yang diambil adalah 8 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Penggunaan multimedia interaktif pada kelas eksperimen mula-mula dapat dilakukan dengan pemberian contoh struktur kalimat terlebih dahulu, barulah kemudian dijelaskan materi tentang أَنْ + فِعْلُ الْمُضَارِع = الْمَصْدَر dan diarahkan pada kemampuan penguasaan struktur kalimat-kalimat yang sederhana, hingga akhirnya sampai pada kalimat yang complete sekalipun (kalimat lengkap). Data hasil analisis akhir menggunakan uji gain dan uji t. Hasil analisis uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,568 dengan kriteria sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,495 dengan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar yang sama-sama baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan multimedia interaktif kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Dan uji t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung = 2,92 dan ttabel = 2,021, berati thitung> ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar qawaid siswa kelas VIII MTs Ma’arif Gondang yang menggunakan multimedia interaktif dengan metode ceramah (konvensional).
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Qawaid.
 


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
4512FITK2018
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4512 NUR p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?