Skripsi
Penerapan Multimedia Interaktif UNTUK Meningkatkan Prestasi Belajar QAW Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif Gondang Watumalang Tahun PELAJARAN 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran qawaid kelas VIII MTs Ma’arif Gondang Watumalang Wonosobo, untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar qawaid siswa kelas VIII MTs Ma’arif Gondang Watumalang Wonosobo setelah menggunakan multimedia interaktif, dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada siswa yang menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran qawaidbahasa Arab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Ma’arif Gondang yang berjumlah 58 siswa. Sampel yang diambil adalah 8 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Penggunaan multimedia interaktif pada kelas eksperimen mula-mula dapat dilakukan dengan pemberian contoh struktur kalimat terlebih dahulu, barulah kemudian dijelaskan materi tentang أَنْ + فِعْلُ الْمُضَارِع = الْمَصْدَر dan diarahkan pada kemampuan penguasaan struktur kalimat-kalimat yang sederhana, hingga akhirnya sampai pada kalimat yang complete sekalipun (kalimat lengkap). Data hasil analisis akhir menggunakan uji gain dan uji t. Hasil analisis uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,568 dengan kriteria sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,495 dengan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar yang sama-sama baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan multimedia interaktif kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Dan uji t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung = 2,92 dan ttabel = 2,021, berati thitung> ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar qawaid siswa kelas VIII MTs Ma’arif Gondang yang menggunakan multimedia interaktif dengan metode ceramah (konvensional).
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Qawaid.
Tidak tersedia versi lain