Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK TAKHASSUS Alqur'an WONOSOBO Tahun Pelajaran 2016/2017
Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya kecerdasan emosional yang terjadi di dunia pendidikan, hal ini telah dibuktikan para Ahli. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya model pembelajaran yang tepat. SMK Takhassus Al-Qur’an kalibeber merupakan instansi pendidikan formal yang masih menggunakan model pembelajaran lama hal tersebut menjadi salah satu kendala bagi kemajuan kecerdasan emosional peserta didik. Modelpembelajaran TGT merupakan model yang mengajakpesertadidikuntukterlibataktifdalampembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana penerapan model pembelajaran TGT di SMK Takhassus Al-Qur’an Kalibeber 2) adakah peningkatan model pembelajaran TGT terhadap kecerdasan emosional 3) apakah ada peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran TGT.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desainRandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XI dengan teknik Random sample maka didapatlah kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2 sebagai sampel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara, tes dan observasi. Metode dokumentasi, observasi wawancara, dan angket.
Penerapan model pembelajaran TGTberlangsung secara kondusif, suasana menjadi lebih aktif dan menyenangkan sehinggamemberikan pengaruh terhadap kecerdasan emosional peserta didik baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Secara kualitatif keaktifan dan keberanian peserta didik meningkat. Secara kuantitatif hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari hasil analisis dengan menggunakan tingkat signifikansi sebesar 5% menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh penggunaan model TGT terhadap kecerdasanemosionalmelaluimapel PAI , dengan hasil perhitungan thitung = 6,5274sedangkan ttabel=1,9908) ada peningkatan kecerdasanemosional sebesar 0,45 % dari rata-rata kelas 67 menjadi 81.
Kata Kunci : pengaruh, modelpembelajaran TGT, kecerdasan emosional dan hasil belajar.
Tidak tersedia versi lain