UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK TAKHASSUS Alqur'an WONOSOBO Tahun Pelajaran 2016/2017

Muhammad Nur Chalim - Nama Orang;

Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya kecerdasan emosional yang terjadi di dunia pendidikan, hal ini telah dibuktikan para Ahli. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya model pembelajaran yang tepat. SMK Takhassus Al-Qur’an kalibeber merupakan instansi pendidikan formal yang masih menggunakan model pembelajaran lama hal tersebut menjadi salah satu kendala bagi kemajuan kecerdasan emosional peserta didik. Modelpembelajaran TGT merupakan model yang mengajakpesertadidikuntukterlibataktifdalampembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana penerapan model pembelajaran TGT di SMK Takhassus Al-Qur’an Kalibeber 2) adakah peningkatan model pembelajaran TGT terhadap kecerdasan emosional 3) apakah ada peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran TGT.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desainRandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XI dengan teknik Random sample maka didapatlah kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2 sebagai sampel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara, tes dan observasi. Metode dokumentasi, observasi wawancara, dan angket.

Penerapan model pembelajaran TGTberlangsung secara kondusif, suasana menjadi lebih aktif dan menyenangkan sehinggamemberikan pengaruh terhadap kecerdasan emosional peserta didik baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Secara kualitatif keaktifan dan keberanian peserta didik meningkat. Secara kuantitatif hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari hasil analisis dengan menggunakan tingkat signifikansi sebesar 5% menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh penggunaan model TGT terhadap kecerdasanemosionalmelaluimapel PAI , dengan hasil perhitungan thitung = 6,5274sedangkan ttabel=1,9908) ada peningkatan kecerdasanemosional sebesar 0,45 % dari rata-rata kelas 67 menjadi 81.

Kata Kunci : pengaruh, modelpembelajaran TGT, kecerdasan emosional dan hasil belajar.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
4513FITK2018
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4513 MUH p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?