Skripsi
Korelasi Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa SMP N 1 Kejajar Tahun Ajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPA siswa;2) mengetahui hubungan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa; 3) mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)dengan sampel31 siswa. Sampel ini diambil dari populasi kelas VIII semester 2 di SMP N 1 Kejajar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 150 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengambil data motivasiberprestasidangayabelajardandokumentasinilai digunakanuntuk data prestasi belajar IPA siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif.
Hasil analisis dengan judul di atas menyatakan 1) ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar IPA siswa ditunjukan dari hasil perolehan r hitungsebesar 0,239 yang termasuk dalam katagori tingkat rendah2) ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar IPA siswa ditunjukan dari hasil perolehan r hitungsebesar 0,198 yang termasuk dalam katagori tingkat sangat rendah3) ada hubungan antara motivasi berprestasi dan gaya belajar dengan prestasi belajar IPA siswa ditunjukan dari hasil perolehan r hitungsebesar 0,258 yang termasuk dalam katagori tingkat rendah.
Kata Kunci: Motivasiberprestasi, gayabelajar, prestasi belajar IPA
Tidak tersedia versi lain