UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Penerapan Metode Pembelajaran Make A match Untuk Peningikatan Kemampuan Berkomunikasi Dan Prestasi Belajar Siswa

Rina Purwati - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana cara penerapan metode Make A Match. 2) apakah metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan memampuan berkomunikasi dan prestasi belajar. 3) Perbedaan peningkatan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Make A Match.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Kedua kelas diberi kemampuan awal dengan soal pretes dan angket . Setelah diberi perlakuan, siswa diberi tes akhir berupa tes prestasi belajar siswa dan angket kemampuan berkomunikasi. Hasil dari kedua data tersebut dipakai sebagai data hasil penelitian yang kemudian diolah dan dibandingkan untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian sampel diambil berdasarkan Random Sampling. Kemudian diperoleh sampel penelitian 21 siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Make A Match dan 28 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan motode pembelajaran konvensional.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa: 1) Hipotesis pertama menggunakan uji gain diperoleh thitung = 3,33 dan ttabel = 2,012 dengan taraf signifikan 5%, dan thitung = 3,33 dan ttabel = 1,678 dengan taraf signifikan 1%. Karena thitung> ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, ini menunjukkan metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 2) Hipotesis kedua menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,32 dan ttabel = 2,012 dengan taraf signifikan 5%, thitung = 2,32 dan ttabel = 21,678 dengan taraf signifikan 1%. Karena thitung> ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, ini menunjukkan metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. 3) Hipotesis ketiga menggunakan uji Gain, diperoleh besar peningkatan prestasi belajar kelas eksperimen 57 % dan kelas kontrol 0,29 % sedangkan besar peningkatan kemampuan berkomunikasi kelas eksperimen 0,39 % dan kelas kontrol sebesar 0,12 %.





Kata Kunci: Make A Match, Prestasi Belajar, Kemampuan Berkomunikasi


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
4494FITK2018
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4494 RIN p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?