Skripsi
Penerapan Metode Pembelajaran Make A match Untuk Peningikatan Kemampuan Berkomunikasi Dan Prestasi Belajar Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana cara penerapan metode Make A Match. 2) apakah metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan memampuan berkomunikasi dan prestasi belajar. 3) Perbedaan peningkatan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Make A Match.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Kedua kelas diberi kemampuan awal dengan soal pretes dan angket . Setelah diberi perlakuan, siswa diberi tes akhir berupa tes prestasi belajar siswa dan angket kemampuan berkomunikasi. Hasil dari kedua data tersebut dipakai sebagai data hasil penelitian yang kemudian diolah dan dibandingkan untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian sampel diambil berdasarkan Random Sampling. Kemudian diperoleh sampel penelitian 21 siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Make A Match dan 28 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan motode pembelajaran konvensional.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa: 1) Hipotesis pertama menggunakan uji gain diperoleh thitung = 3,33 dan ttabel = 2,012 dengan taraf signifikan 5%, dan thitung = 3,33 dan ttabel = 1,678 dengan taraf signifikan 1%. Karena thitung> ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, ini menunjukkan metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 2) Hipotesis kedua menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,32 dan ttabel = 2,012 dengan taraf signifikan 5%, thitung = 2,32 dan ttabel = 21,678 dengan taraf signifikan 1%. Karena thitung> ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, ini menunjukkan metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. 3) Hipotesis ketiga menggunakan uji Gain, diperoleh besar peningkatan prestasi belajar kelas eksperimen 57 % dan kelas kontrol 0,29 % sedangkan besar peningkatan kemampuan berkomunikasi kelas eksperimen 0,39 % dan kelas kontrol sebesar 0,12 %.
Kata Kunci: Make A Match, Prestasi Belajar, Kemampuan Berkomunikasi
Tidak tersedia versi lain