Skripsi
Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan Di MTs N Kalibeber Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh masih banyaknya perilaku-perilaku negatif yang dilakukan oleh pelajar. Berangkat dari masalah tersebut, perlu adanya pembiasaan dan keteladanan dalam membentuk karakter. Dalam hal ini pembentukan karakter melalui pembiasaan dan keteladanan perberan besar dalam mewujudkan sebuah revolusi moral dan karakter spiritual dalam dunia pendidikan dan menyodorkan kepada semua umat muslim yang beriman bagaimana seharusnya bertindak dan bersikap agar tidak terjerumus kepada perbuatan-perbuatan negatif yang merugikan. Dari alasan di atas peneliti tertarik meneliti pembentukan karakter melalui pembiasaan dan keteladanan di MTs N Kalibeber.
Adapun tujuan dari penelitian ini pertama untuk mengetahui, menjelaskan antara hubungan pembiasaan dan pembentukan karakter peserta didik, kedua untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan antara keteladanan dan pembentukan karkter peserta didik, yang ketiga untuk mengetahui hubungan antara pembiasaan dan keteladanan terhadap pembentukan karakter secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi asosiasi (hubungan) dengan menggunakan rumus product moment dari Person. Penulis menggunakan teknik observasi, angket serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembiasaan peserta didik MTs N Kalibeber tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori “Cukup” yaitu pada interval 27 – 31 dengan nilai rata-rata sebesar 30,8. (2) Keteladanan pendidik MTs N Kalibeber tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori “Cukup” yaitu pada interval 28 – 32 dengan nilai rata-rata sebesar 30,6. (3) Sedangkan karakter peserta didik MTs N Kalibeber tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori “Cukup” yaitu pada interval 26 – 30 dengan nilai rata-rata sebesar 30,64. (4) Terdapat korelasi antara variabel pembiasaan peserta didik (x1), dan variabel keteladanan pendidik (x2) denngan variabel karakter peserta didik (y) MTs N Kalibeber tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan bahwa r hitung > r tabel (taraf signifikasi 5%) maka hipotesis diterima, dengan hasil rx1y = 0,439 sedangkan r tabel = 0,396 maka rx1y > r tabel. rx2y = 0,401 > r tabel = 0,396. rx1x2 = 0,415 > r tabel = 0,396. Sedangkan Ryx1x2 = 0,498 > (rx1y = 0,439), (rx2y = 0,401) dan (rx1x2 = 0,415) maka terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pembiasaan dan keteladanan secara bersama-sama dengan pembentukan karakter peserta didik MTs N Kalibeber tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: Pembiasaan, Keteladanan dan Pembentukan Karakter
Tidak tersedia versi lain