Skripsi
Penerapan Permainan Cerita Berantai Untuk Peningkatan Pembelajaran Maharah Kalam Siswa Kelas VIII MTs N Wonosobo Tahun Pelajaran 2017/2018
Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan permainan cerita berantai pada pembelajaran maharah kalam di kelas VIII MTs N Wonosobo. (2) Untuk mengetahui adanya peningkatan dalam pembelajaran maharah kalam kelas VIII MTs N Wonosobo melalui permaianan cerita berantai. (3) Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran maharah kalam siswa kelas VIII yang menerapkan Permainan Cerita Berantai dengan kelas yang tidak menerapkan metode tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu jenis data yang diukur secara langsung dengan metode penelitian lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs N Wonosobo yang berjumlah 299 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa : (1) Adanya peningkatan kemampuan menulis bahasa Arab kelas eksperimen sedang, dibuktikan dengan nilai gain (g) = 0,59667 yang berarti sedang karena 0,7 > g > 0,3, dan peningkatan di kelas kontrol sedang karena 0,7 > g > 0,3, yaitu dengan nilai g sebesar 0,443. (2) Adanya perbedaan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs N Wonosobo yang menggunakan metode Permainan Cerita Berantai dan yang tidak menggunakan metode Permainan Cerita Berantai. Hal tersebut dibuktikan dengan melakukan uji hipotesis yang diperoleh thitung sebesar 2,79. Selanjutnya thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel dengan dk= n1 + n2 -2= 19+19-2= 36. Dengan dk 36 dan taraf kesalahan 5% maka ttabel= 2,0281, dan taraf kesalahan 1% adalah 2,7195 . Dalam hal ini berlaku ketentuan bila thitung lebih kecil dari ttabel maka Ho diterima. Tetapi jika thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran, Maharah Kalam, Metode Permainan Cerita Berantai
Tidak tersedia versi lain