Skripsi
Implenetasi Budi Pekerti melalui Pembelajaran Fisika Pada Peserta Didik Kelas X TKJ SMK INFORMATIKA WONOSOBO
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui penerapan budi pekerti melalui
pembelajaran Fisika pada peserta didik kelas X TKJ SMK Informatika Wonosobo
;2) Mengetahui dampak penerapan budi pekerti melalui pembelajaran Fisika pada
peserta didik kelas X TKJ SMK Informatika Wonosobo.
Penelitian dengan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Informatika
Wonosobo. Sumber data primer adalah peserta didik kelas X TKJ SMK
Informatika Wonosobo sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data dengan
teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Proses penelitian diawali dengan
pemberian materi implementasi budi pekerti melalui pembelajaran fisika dan
diakhiri dengan pemberian lembar evaluasi yang dikerjakan peserta didik secara
mandiri. Hasil lembar evaluasi yang dikerjakan peserta didik digunakan sebagai
data penelitian yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran budi pekerti
melalui pembelajaran fisika terlaksana dengan optimal. Hal ini ditunjukkan
berdasarkan adanya keteraturan dalam peserta didik menjawab pertanyaan. Fisika
merupakan pembelajaran yang memerlukan kepekaan dalam berpikir, sehingga
melalui pembelajaran fisika siswa dilatih untuk berbudi pekerti (mengolah
kepekaan akal yang dimilikinya) dimulai dengan memberikan refleksi dari materi-
materi yang sederhana hingga yang komplek. Dengan pembiasaan seperti ini tidak
ada lagi peserta didik yang akan memberi label negatif pada pembelajaran fisika;
2) Dampak penerapan budi pekerti melalui pembelajaran fisika tampak dari
banyaknya laku dari akal yang dimiliki peserta didik, adanya keseimbangan
pikiran pada peserta didik, penalaran terhadap masalah, dan laku yang terarah
dari peserta didik
.
Kata Kunci : Implementasi, Budi Pekerti, Pembelajaran Fisika
Tidak tersedia versi lain