Skripsi
Efektifitas Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Muhadtsah Siswa Kelas X MA Takhassus Al-qur'an ahmad Sari Bruno Tahun 2016/2017
Siti Nurul Hidayah. 2016. Efektifitas Penerapan Media Audio Visual untuk meningkatkan Kemampuan Muhadatsah Siswa Kelas X MA Takhasus Al-Qur’an Ahmad Sari Bruno. Skripsi, Wonosobo, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media audio visual dalam kemampuan muhadatsah antara Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen Pada Kelas X MA Takhasus Al-Qur’an Ahmad Sari Bruno.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Audio Visual Method. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA Takhasus Al-Qur’an Ahmad Sari Bruno yang berjumlah 20 siswa. Sampel yang diambil adalah 1 kelas, yaitu kelas X A sebagai kelompok eksperimen dan kelas X B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.
Data hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji gain. Hasil analisis uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung sebesar 30,1276 dan ttabel = 00,5 berarti thitung > ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan keefektifan muhadatsah menggunakana Audio Visual siswa kelas X MA Takhasus Al-Qur’an Ahmad Sari Bruno yang menggunakan Metode Pretest-Posttest Audio Visual Media dengan metode ceramah (konvensional). Dari uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,7 dengan kriteria tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,3 dengan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang sama-sama baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan Metode Pretest-Posttest Audio Visual Method dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional.
Kata Kunci: Media, Audio Visual, Muhadatsah.
Tidak tersedia versi lain