Skripsi
Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VII MTs Ma'arif Selomerto Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Selomerto, Kabupaten Wonosobo Tahun 2016/2017, untuk mengetahui pengaruhnya pola asuh orang tua dengan prestasi belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kuantitatif ini bersifat korelasional. Yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu, pengaruh pola asuh orang tua di MTs Ma’arif Selomerto Wonosobo dan variabel terikat, yaitu prestasi belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Selomerto Wonosobo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket pengaruh pola asuh orang tua, dan nilai raport pendidikan agama islam siswa. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode observasi, metode angket (kuesioner), dan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti menggunakan analitik dengan langkah-langkah sebagai berikut analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis, dan analisis lanjutan.
Dari analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VII MTs Ma’Arif Selomerto Wonosobo dengan tingkat signifikasi sebesar 45,95. Hasil regresi tersebut kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikasi 5% dengan N= 84 diperoleh angka 3,96 dan taraf signifikasi 1% diperoleh angka 6,95, maka dapat diketahui bahwa Fhitung = 45,95 > Ftabel = 3,96 (pada taraf 5%) dan Fhitung = 45,95 > Ftabel = 6,95 (pada taraf 1%). Artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Selomerto Wonosobo.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Prestasi Belajar PAI.
Tidak tersedia versi lain