Skripsi
Korelasi Penerapan Metode Role Playing Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI GUPPI Sumberwulan Selomerto Tahun Pelajaran 2016/2017
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Metode Role Playing dalam pelajaran Bahasa Indonesia di MI Guppi Sumberwulan, untuk mengetahui minat siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 MI Guppi Sumberwulan, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 MI Guppi Sumberwulan, dan untuk mengetahui apakah ada korelasi penerapan Metode Role Playing terhadap minat dan hasil belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia di MI Guppi Sumberwulan.
Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel independen dan variabel dependen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket,observasi, tes, dokumentasi. Instrumen Pengumpulan Data yang digunakan adalah soal pretest-postest dan instrumen untuk perangkat pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan di MI GUPPI Sumberwulan khususnya mata pelajaran khususnya materi materi menyampaikan pesan melalui telefon masih menggunakan metode yang konvensional. Hal tersebut mengakibatkan siswa cenderung pasif pada saat pembelajaran, sehingga kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penerapan metode role playing sesuai dengan langkah-langkah yang sudah ditentukan dan melalui perencanaan yang matang sehingga meminimalisisr terjadi kesalahan dan memperoleh hasil secara maksimal. Penggunaan metode role playing terhadap minat dan hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t penggunaan metode role playing terhadap minat diperolehthitung=60,8 dan ttabel=0,514. Pada perhitungan penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar thitung=2,582 dan ttabel=0,514. Pada perhitungan data minat dengan hasil belajar dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan analisis lanjut uji signifikan (t), maka diperoleh hasil thitung=0,899 dan ttabel=0,514Karena thitung>ttabel berarti H1 diterima yang artinya ada korelasi penerapan metode role playing terhadap minat dan hasil bljar di MI GUPPI Sumberwulan.
Kata kunci: Metode role playing, Minat siswa, Hasil belajar siswa
Tidak tersedia versi lain