UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Korelasi Penerapan Metode Role Playing Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI GUPPI Sumberwulan Selomerto Tahun Pelajaran 2016/2017

Lusi Nuraini - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Metode Role Playing dalam pelajaran Bahasa Indonesia di MI Guppi Sumberwulan, untuk mengetahui minat siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 MI Guppi Sumberwulan, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 MI Guppi Sumberwulan, dan untuk mengetahui apakah ada korelasi penerapan Metode Role Playing terhadap minat dan hasil belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia di MI Guppi Sumberwulan.
Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel independen dan variabel dependen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket,observasi, tes, dokumentasi. Instrumen Pengumpulan Data yang digunakan adalah soal pretest-postest dan instrumen untuk perangkat pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan di MI GUPPI Sumberwulan khususnya mata pelajaran khususnya materi materi menyampaikan pesan melalui telefon masih menggunakan metode yang konvensional. Hal tersebut mengakibatkan siswa cenderung pasif pada saat pembelajaran, sehingga kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penerapan metode role playing sesuai dengan langkah-langkah yang sudah ditentukan dan melalui perencanaan yang matang sehingga meminimalisisr terjadi kesalahan dan memperoleh hasil secara maksimal. Penggunaan metode role playing terhadap minat dan hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t penggunaan metode role playing terhadap minat diperolehthitung=60,8 dan ttabel=0,514. Pada perhitungan penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar thitung=2,582 dan ttabel=0,514. Pada perhitungan data minat dengan hasil belajar dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan analisis lanjut uji signifikan (t), maka diperoleh hasil thitung=0,899 dan ttabel=0,514Karena thitung>ttabel berarti H1 diterima yang artinya ada korelasi penerapan metode role playing terhadap minat dan hasil bljar di MI GUPPI Sumberwulan.

Kata kunci: Metode role playing, Minat siswa, Hasil belajar siswa
 


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
4526FITK2018
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4526 LUS k
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?