Skripsi
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Komisariat IPNU IPPNU di Mts Ma'arif 2 Muntilan Kabupaten Magelang
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di komisariat IPNU IPPNU di MTs Ma’arif 2 Muntilan Kabupaten Magelang.Untuk mengungkapkan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut terdapat dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan di MTs Ma’arif 2 Muntilan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif.Yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dengan kata lain, memusatkan perhatian pada masalah-masalah sebagaimana adanya pada saat penelitian dilaksanakan. Pada penelitian deskriptif, peneliti hanya bermaksud menggambarkan gejala yang sedang terjadi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer melalui wawancara, dan data sekunder berupa buku-buku atau bahan kepustakaan lain yang relevan dengan tema.
Hasil penelitian yang peneliti lakukan, didapatkan dua hasil kesimpulan utama.Pertama, kegiatan komisariat IPNU IPPNU di MTs Ma’arif 2 Muntilan Kabupaten Magelang dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan peserta didik. Kegiatan tersebut berupa LDKS, Makesta, Mabisa, Apresiasi seni dan kreatifitas, serta Do’a pelajar dan tahfidzul qur’an. Kemudian dari madrasah sendiri terdapat kegiatan rutin yang dilaksanakan pada pagi hari, yaitu apel pagi berisi do’a bersama, membaca asmaul husna dan bersalaman dengan guru.Kedua, dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan-kegiatan komisariat IPNU IPPNU dan madrasah berjalan efektif walaupun saat menjalankan kegiatan masih banyak kendala.
Kata kunci : nilai-nilai pendidikan karakter, komisariat IPNU IPPNU
Tidak tersedia versi lain