Skripsi
Pengaruh Audit Return,Opinion Shopping,Leverage,Pertumbuhan Perusahaan,Dan Profitabilitas Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh audit tenure, opinion shopping, leverage, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas terhadap opini audit going concern. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari laporan keuangan tahunan (annual report) yang dipublikasikan oleh masing-masing perusahaan manufaktur.
Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. Adapun jumlah populasi perusahaan manufaktur tersebut sebanyak 116 perusahaan. Setelah melewati tahap purposive sampling, jumlah perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sampel sebanyak 17 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistic biner, kemudian menggunakan pengujian multikolonieritas, dan pengujian hipotesis meliputi menilai kelayakan model (goodness of fit test), ujichi square, cox &snell’s R square dannagelkerke’s R square, tabelklasifikasi 2x2, uji signifikasi koefisien regresi dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa audit tenure, opinion shopping, leverage memiliki tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap, opini audit going concern, pertumbuhan perusahaan memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifi, nilai perusahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap opini audit going concern, profitabilitas memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap opini audit going concern,
Kata Kunci : Audite tenure, opinion shopping, leverage, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, berprngaruh terhadap opini audit going concern.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain