Tugas Akhir
Rancang Bangun Game Petualangan " Budi Ayo Berangkat " Dengan Menggunakan Al goritma Fuzzy Mamdani"
Senin 27 maret 2017 pada media online detik.com di https://news.detik.com. diberitakan bahwa telah diamankan sebanyak tujuh orang anak (pelajar) yang sedang bolos sekolah, 3 pelajar SMA dan 4 pelajar SMP. Pendidikan budi pekerti yang mudah dipahami anak-anak. Seharusnya lebih ditekankan tidak hanya dengan pendidikan teori saja tapi mengedepankan prakteknya atau simulasinya. Kurangya media pembelajaran tentang budi pekerti menjadi faktor utama anak kurang paham tentang nilai-nilai budi pekerti. Game merupakan cara untuk menyampaikan bahan belajar dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan komputer. Media ini menggabungkan semua media yang terdiri dari teks, grafis, animasi, musik, dan prinsip – prinsip pembelajaran . Salah satunya dengan pemanfaatan game dalam suatu pembelajaran yang dirancang mengggunakan metode game development yang terdiri dari 7 tahap yaitu tahap riset danpenyusunan konsep dasar, perumusan, pengumpulan asset dan level design, test play, development,alpha beta test, rilis. Algoritma yang di gunakan dalam game ini adalah algoritma fuzzy mamdani metode mamdani sering juga dikenal dengan nama Metode Max-Min. Metode Max (Maximum) Pada metode ini, solusi himpunan fuzzy diperoleh dengan cara mengambil nilai maksimum aturan, kemudian menggunakannya untuk memodifikasi daerah fuzzy, dan mengaplikasikannya ke output dengan menggunakan operator OR (union). Gane dibangun menggunakan aplikasi Construct 2. pengujian game ini terbagi menjadi 3 tahap yaitu pengujian Black Box Testing, White Box Testing dan pengujian menggunakan ISO 9126 dilakukan oleh para ahli media.
Kata kunci: Budi Pekerti, Fuzzy Mamdani, Construct 2, Game.
Tidak tersedia versi lain