Tugas Akhir
Game Petualangan Tom Menggunakan Algoritma Chasing
Kasus kekerasan di lingkungan pendidikan kembali terjadi, Amirulah meninggal di rumah sakit, diduga dianiaya para seniornya. Kasus tersebut terjadi karena nilai-nilai kemanusiaan kurang ditanamkan sejak dini. Nilai-nilai kemanusiaan yang teruang dalam pancasila sila kedua “Kemanusaiaan yang adil dan beradab” seharusnya lebih ditekankan dengan cara mencontohkan dengan sebuah media pembelajaran tidak hanya teori dari buku sehingga anak-anak lebih paham tentang nilai-nilai kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game sebagai media pembelajaran tentang Nilai-Nilai Kemanusiaan melalui sebuah game yang dirancang mengggunakan metode multimedia development yang terdiri dari 6 tahap yaitu tahapan Concept, Design, Material Collceting, Assembly, Testing dan Distribution. Algoritma yang di gunakan dalam game ini adalah algoritma Chahing yaitu algoritma pengejaran dengan membaca titik koordinat player. Game dibangun menggunakan aplikasi Construct 2. pengujian game ini terbagi menjadi 3 tahap yaitu pengujian Black Box Testing, White Box Testing dan pengujian menggunakan ISO 9126 dilakukan oleh para ahli media.
Kata kunci: Pancasila, Nilai kemanusiaan, Chasing, Construct 2, Game.
Tidak tersedia versi lain