Tugas Akhir
Rancang Bangung Aplikasi Edutaintment Pahlawan Indonesiaku Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar
Kata kunci: Aplikasi Edutaintment, Pahlawan, Smartphone, Android, Research And
Development
Pengguna smartphone semakin bertambah setiap tahun, karena kelebihan fitur-fiturnya, aplikasi-aplikasi yang menarik, sehingga smartphone sangat digemari oleh semua kalangan begitu juga dengan para anak-anak. Perkembangan teknologi dan persaingan yang semakin ketat, menuntut kita agar tetap menghargai jasa para pahlawan setidaknya kita tahu nama-nama pahlawan Indonesia yang telah berjuang demi kemerdekaan negara ini. Oleh karena itu, pendidikan sejarah pahlawan perlu diperkenalkan pada anak-anak sejak dini. Kesulitan anak dalam mempelajari sejarah pahlawan disebabkan karena kurangnya jam pelajaran di sekolah dasar, sehingga mereka kurang tahu tentang pahlawan. Selain itu kecenderungan pola belajar anak yang lebih suka bermain juga sangat mempengaruhi, sehingga pembelajaran secara teoritis saja kurang optimal untuk pembelajaran pahlawan pada anak. Oleh karena itu, penulis merancang dan membuat sebuah aplikasi edukasi pahlawan berbasis Android yang mana aplikasi ini dirancang dalam bentuk gambar sehingga menjadikannya sangat interaktif. Metodologi pengembangan aplikasi ini menggunakan Research And Development dan dikembangkan dengan menggunakan Construct 2. Penulis menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari studi pustaka, observasi, dan penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa aplikasi edukasi
Tidak tersedia versi lain