Skripsi
Tugas Guru Dalam Perspektif Al-Qur'an (Kajian Al-Qur'an Surat Ali Imran Ayat 164)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tugas guru dalam perspektif Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 164, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh guru terhadap peserta didik baik dalam ilmu pengetahuan, akidah, budi pekerti. Hal ini dikarenakan guru adalah komponen penting dalam pendidikan/ujung tombak dalam sistem pendidikan, guru yang melakukan interaksi langsung dengan peserta didik, menyampaikan ilmu pengetahuan, dan mengetahui secara langsung keadaan peserta didik.
Penelitian ini menjelaskan secara rinci tugas guru, serta bagaimana perspektif Al-Qur’an, rinciannya meliputi, pengertian, syarat, kompetensi, profesionalisme, kode etik, dan tugas guru, serta penafsiran para mufasir. Tugas guru yang dimaksud, upaya guru dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagi seorang guru/pendidik secara profesional
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelusuran pustaka (library research), dengan melakukan pengumpulan data, karena penulisan skripsi ini bersifat kepustakaan atau literatur dan sumber datanya hanya dapat diperoleh lewat buku-buku literatur, setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi, dan analisis wacana. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengungkap bagaimana tugas guru dalam perspektif Al-Qur’an surat ali Imran ayat 164, ialah firman Allah ini merupakan karunia terbesar yang diberikan orang-orang yang beriman dengan diutusnya Rasul untuk membacakan ayat-ayat al-quran dan membersihkan jiwa serta mengajarkan al-kitab dan al –hikmah, dari firman Allah tersebut dapat kita hubungkan dengan dunia pendidikan dimana seorang guru harus mampu menyampaikan ilmu pengetahuan baik pengetahuan yang baru sesuai dengan perkembangan zaman dan menguasainya, serta menerapkan nilai-nilai akhlak terhadap peserta didik. Tugas ini menuntut guru untuk bisa mengintegrasikan nilai-nilai al-Qur`an dengan ilmu pengetahuan, sehingga al-Qur`an menjadi ruh bagi ilmu pengetahuan.
Kata Kunci: Tugas Guru, Perspektif Al-Qur’an
Tidak tersedia versi lain