Skripsi
Penggunaan Metode Listening Team Pada Pembelajaran PKN Guna Peningkatan Kecerdasan Emotional Siswa Kelas V SD Negeri Kejiwan Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode pembelajaran Listening team dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri kejiwan, Kecamatan Wonosobo, kabupaten Wonosobo.
Pengumpulan data menggunakan tes (Pre-Test dan Post-Test), observasi, wawancara terstruktur dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosional, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai pre-test , dapat diketahui bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa rata-rata 41,5 dengan target 50% dari skor maksimal yaitu 100. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa masih kurang. Setelah dilakukan eksperimen dengan metode listening team dapat diketahui bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa telah mencapai rata-rata 78,9 dari target 50% dari skor maksimal, yaitu 100.
Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa metode listening team dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri kejiwan, Wonosobo. Dan disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Listening Team dalam menyampaikan materi pada pelajaran PKn.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Listening Team dan Kecerdasan Emosional Siswa
Tidak tersedia versi lain