Skripsi
Peningkatan Motivasi Belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Leksono Pada Tahun 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar PAI melalui model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMPN 1 Leksono, beserta seberapa besar peningkatan motivasi belajar PAI akibat penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 1 Leksono.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMPN 1 Leksono dan variabel terikat yaitu hasil motivasi belajar PAI. Populasi dalam penelitian ini adalah SMPN 1 Leksono. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII-G dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam pembelajaran diambil dua kelompok perlakuan, yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada kelas kontrol.
Pengambilan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi untuk mengamati secara langsung mengenai kondisi lingkungan baik untuk melihat kinerja siswa dalam proses pembelajaran, situasi guru, sarana prasarana, dan lain-lain. Metode wawancara untuk mengumpulkan data tentang sejauh mana tingkat pengetahuan materi dan keadaan lainnya. Metode angket untuk mengetahui data mengenai hasil motivasi belajar siswa. Metode dokumentasi untuk mencari data-data pelengkap seperti jumlah siswa, jumlah kelas, keadaan guru, fasilitas dan lain-lain.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-t dan N-gain. Uji-t digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan yaitu adanya perbedaan motivasi belajar PAI setelah penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match. Sedangkan N-gain digunakan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar PAI akibat penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di SMPN 1 Leksono.
Dari hasil analisis uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung = 3,710 dan nilai ttabel = 2,0105. (thitung>ttabel), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Serta analisis uji N-gain diperoleh nilai gain sebesar 0,48. Sehingga berdasarkan hasil
Tidak tersedia versi lain