Tugas Akhir
Analisis Kerusakan Jalan Sepanjang Ruas Jalan Ajibarang Secang Kabupaten Banjarnegara Dengan Menggunakan Bina Marga dan Pavement Condition (PCI)
Jalan Ajibarang secang ini dengan panjang ± 3 KM merupakan ruas jalan utama menuju ke Universitas Sains Al-Qur’an, Pondok dan Pasar, hampir setiap hari ruas jalan tersebut selalu padat oleh arus lalu lintas. Jalan ini merupakan jalan penghubung antar desa, pada kontruksi perkerasan di ruas jalan tersebut saat ini banyak ditemui berbagai macam kerusakanhampir sepanjang jalan, baik kerusakn ringan maupun sedang bahkan ada yang bisa dikategorikan rusak parah seperti lubang, retak-retak, pelepasan butiran dan sebagainya.
Faktor-faktor penyebab kerusakan secara umum adalah drainase yang kurang baik dan sifat material konstruksi perkerasan yang kurang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan, dan faktor penyebabnya serta solusi untuk mengatasi kerusakan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan survei secara langsung di lapangan dengan mengamati dan menganalisis jenis jenis kerusakan yang ada serta mengukur tingkat kerusakanya menggunakan metodePCI dan metode Bina Marga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kerusakan jalan Argopeni – Kalibeber Kabupaten Wonosobo dengan menggunakan metode PCI memiliki Nilai 26,3 yang berarti memiliki tingkat kerusakan buruk (Poor), dengan jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut terdiri dari kerusakan Lubang (Potholes), Retak Kulit Buaya (Aligator Cracking), Tambalan dan galian utilitas (Patching & Util Cut Patch), Retak Pinggir (Edge Cracking), Alur (Rutting), Retak Blok (Block Cracking) dan Retak Reflektif Sambungan (Jt. Rflection Cracking).untuk metode Bina Margamemiliki Nilai 7,43 yang berarti jalan dalam kondisi rusak ringan (Pemeliharaan Rutin) dengan jenis kerusakan dominan Lubang, Retak Buaya, Pelepasan Butiran, Retak Melintang , retak Sambungan dan Retak Memanjang.
Jenis pemeliharaan yang dapat dilakukan untuk perbaikan layanan jalan antara lain dengan memberi lapisan tambahan, memperbaiki drainase, bahu jalan diperlebar dan dipadatkan, celah diisi campuran aspal dan pasir, serta lapis perkerasan dibongkar dan dilapisi kembali dengan bahan yang sama.
(Kata kunci:Kerusakan jalan, metode PCI dan metode Bina Marga, faktor faktor penyebabkerusakan , perbaikan jalan)
Tidak tersedia versi lain