Skripsi
Optimalisasi Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam (Kajian Q.S An-Nahl: 125)
Penelitiann ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui metode pembelajaran dalam pendidikan agama Islam , 2) Untuk mengetahui upaya menerapkan metode pembelajaran dalam pendidikan agama Islam, 3) Untuk mengetahui optimalisai metode pembelajaran dalam pendidikan agama Islam menurut kajian Al-Qur’an surat An Nahl ayat 125.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan atau library research. Penelitian kepustakaan atau library research adalah salah jenis metode penelitian kualitatif yang lokasi atau tempat penelitiannya dilakukan di pustaka, dokumen ,arsip, dan lain sejenisnya. Analisis datanya menggunakan metode tematik dan metode tahlili.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur’an surat An Nahl Ayat 125 merupakan ayat yang mengandung nilai-nilai edukatif tentang metode pendidikan Agama Islam meliputi : hikmah, mau’iddzhah hasanah, dan mujadalah. Metode hikmah adalah mengandung arti pengetahuan yang dalam yang menjelaskan kebenaran serta menghilangkan kesalahpahaman melalui tutur kata yang tegas dan benar serta mempengaruhi jiwa, akal budi yang sehat, dada yang lapang, dan hati yang bersih. Metode mau’idzhah Hasanah mengandung arti pendidikan atau nasihat (baik pelajaran atau peringatan), dengan cara lemah lembut sehingga dapat diterima dan menimbulkan ketenangan dan ketentraman jiwa bukan kecemasan, gelisah atau ketakutan.Mujadalah di sini mengandung makna sebagai penyampaian materi melalui diskusi atau perdebatan, bertukar pikiran dengan menggunakan cara yang terbaik sopan santun, saling menghormati dan menghargai serta tidak arogan.
Kata Kunci: Optimalisasi, Metode, Pendidikan
Tidak tersedia versi lain