Skripsi
Supervisi Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru di MTS Negeri Kalibeber Mojotengah Wonosobo
Penulisanskripsiinibertujuanuntukmengetahuipelaksanaansupervisipembelajarankepalasekolahdalammengembangkankompetensiprofesionalguru di MTs NegeriKalibeber, upayameningkatkansupervisipembelajarankepalasekolahdalammengembangkankompetensiprofesional guru, sertafaktor- faktorpendukungdanpenghambatsupervisipembelajarandalammengembangkankomopetensiprofesional guru di MTs NegeriKalibeber.Penelitianinidenganmenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifdeskriptif.Untukpengumpulandatanyamenggunakanmetodeobservasipartisipan, dokumentasi, danwawancarasecaramendalam.SedangkanuntukanalisisnyamenggunakananalisisIntraktif, yang meliputireduksi data, penyajian data, penarikankesimpulandanverifikasi.
Berdasarkanhasilpenelitian yang penelitilakukan, didapatkantigahasilkesimpulanutama.Pelaksanaansupervisipembelajarankepalasekolah MTs NegeriKalibeberdalammengembangkankompetensiprofesional guru sudahcukupbaik, tetapikurangmaksimal, pelaksanaansupervisipembelajarannyamenggunakanempatprinsipyaituprinsipilmiah, demokratis, kerjasama, konstruktifdankreatif. Pendekatansupervisipembelajarannyamenggunakanpendekatankolaboratif.Sedangkantekniksupervisipembelajaranmenggunakanteknikkunjungankelas, observasi, pertemuankelompokdan individual.Upayapeningkatkansupervisipembelajarnnyasejauhinisudahterlaksanadenganbaik.Adapunfaktorpendukungnyakepalasekolahinginmengetahuisejauhmanaperkembangankompetensiprofesional guru.Sedangkanfaktorpenghambatnya, guru dalampengajarannyatidaksesuai RPP yang dibuat,kepalasekolahseringadatugas diluar, sehinggasupervisidigantikanolehwakakurikulumdan guru senior, darisegisaranadanprasarananyamasihkurangberkaitandenganpengadaan media pembelajaran.
Kata Kunci :SupervisiPembelajaran, KepalaSekolah, KompetensiProfesional.
Tidak tersedia versi lain