Skripsi
Penerapan Metode Demostrasi Pada Materi Pelajaran Fiqih Kelas 1 di MI Ma`arif Bener Kepil Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Pelajaran fiqih merupakan salah satu aspek ruang lingkup Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sangat penting untuk kehidupan individu maupun kehidupan bangsa, Negara, dan agama,dan untuk diketahui para peserta didik sekolah dasar agar mereka mengetahuinya sejak dini.
Berdasarkan pengamatan selama ini, banyak kelemahan dalam pembelajaran fiqih dalam hal lebih disebabkan karena faktor guru, yaitu para guru kurang mampu mengembangkan ketrampilan megajar yang dapat menarik peserta didik untuk belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melaksanakan penelitian dengan metode demonstrasi untuk pembelajaran fiqih pada peserta didik kelas 1 Di MI Ma’arif Bener Kepil Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fiqih tentang tata cara berwudhu serta untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang telah diajar dengan metode demonstrasi
Penelitian ini mengambil setting di kelas 1 Di MI Ma’arif Bener Kepil Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Peneliti menggunakan 3 langkah pada penelitian ini : Pre Siklus, Siklus 1, dan siklus 2. Selain itu peneliti mengumpulkan data dengan observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan perhitungan kualitatif. Analisis data menunjukan adanya perubahan sikap pada setiap langkah.
Data menunjukan siswa kelas kelas 1 Di MI Ma’arif Bener Kepil Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016 mengalami peningkatan prestasi belajar sebanyak 7,55 setelah diajar dengan menggunakan metode demonstrasi. Rata-ratanya mencapai 77,35. Pada siklus dua, rata-rata kelasnya mencapai 85,1. Itu berarti telah terjadi peningkatan sebanyak 7,65. Selain itu, perubahan sikap juga tampak setelah mereka diajar dengan metode demonstrasi. Mereka menjadi lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran berwudhu. Berdasarkan data tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa mengajar menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih tentang tata cara berwudhu sangat berguna unuk meningkatkan prestasi belajar,
Kata Kunci : Prestasi Belajar dan Metode Demonstrasi
Tidak tersedia versi lain