Skripsi
Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Aksara Jawa Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas IV MI Al-Ma`arif 01 Rejamulya Kedungreja Cilacap Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan menggunakan media kartu huruf dalam pembelajaran Bahasa Jawa kelas IV MI Ma’arif 01 Rejamulya Kedungreja Cilacap, untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Bahasa Jawa siswa kelas IV MI Ma’arif Rejamulya Kedungreja Cilacap setelah menggunakan media Kartu Huruf, dan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar pada siswa yang menggunakan media Kartu Hurufdengan yang menggunakan konvensional dalam pembelajaran Bahasa Jawa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Ma’arif 01 Rejamulyayang berjumlah 56 siswa. Sampel yang diambil adalah 2 kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi.
Data hasil analisis akhir untuk mengetahui penerapan penggunaan media Kartu Huruf dalam pembelajaran Bahasa Jawa : 1) Kartu-kartu yang sudah disusun dipegang setinggi dada dan menghadap kedepan siswa; 2) Cabutlah satu persatu tersebut setelah guru selesai menerangkan; 3) Berikan kartu-kartu yang telah diterangkan tersebut kepada siswa yang duduk di dekat guru; 4) Mintalah untuk mengamati kartu tersebut satu persatu, lalu teruskan satu persatu kepada siswa sampai kebagian semua; 5) Jika sajian dengan cara permainan, letakkan kartu-kartu tersebut di dalam sebuah kotak secara acak dan tidak perlu disusun, siapkan siswa yang akan berlomba misalnya 3 orang berdiri sejajar, kemudian guru memberikan perintah, misalnya cari huruf “Na”. untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Bahasa Jawa menggunakan uji gain. Hasil analisis uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,62 dengan kriteria sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,46 dengan kriteria cukup. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang sama-sama baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan media Kartu Huruf dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Dan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar Bahasa Jawa menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung = 8,64 dan ttabel = 2,021, berati thitung> ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar Bahasa Jawa siswa kelas IV Mi Al-Ma’arif 01 Rejamulya yang menggunakan media Kartu Huruf dengan yang menggunakan metode ceramah (konvensional).
Kata Kunci: Media Kartu Huruf, Motivasi Belajar, Bahasa Jawa.
Tidak tersedia versi lain