Skripsi
Studi Komparasi Prestasi Belajar Al-Quran Hadits Antara Peserta Didik Yang Tinggal di Pesantren dan yang Tidak Tinggal di Pesantren Kelas VII MTS N Kalibeber Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik yang tinggal di pesantren dan peserta didik yang tidak tinggal di pesantren di kelas VII MTs N Kalibeber Wonosobo tahun pelajaran 2016/2017, serta untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik yang tinggal di pesantren dan peserta didik yang tidak tinggal di pesantren di kelas VII MTs N Kalibeber Wonosobo tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif khususnya pada metode penelitian komparasi. Pengumpulan data yang digunakan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis pendahuluan (mencari nilai rata-rata dari masing-masing variabel), selanjutnya menggunakan teknik analisis uji hipotesis yang melalui perhitungan-perhitungan dengan menggunakan uji normalitas untuk mengetahui data tersebut normal atau tidak dan menggunakan uji t-tes dan diteruskan analisis lanjut dengan menggunakan statistik uji t-tesyaitu untuk mengintrerprestasikan koefisien komparasi pada signifikan 0,05 dari ttabel.
Berdasarkan data analisis prestasi belajar peserta didik yang tinggal di pesantren di kelas VII MTs N Kalibeber Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017 tergolong dalam kriteria baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 84,9 yakni terletak pada kelas interval 72 – 100. Sedangkan prestasi peserta didik yang tidak tinggal di pesantren di kelas VII MTs N Kalibeber Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017 tergolong dalam kriteria baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 71,3 yakni terletak pada kelas interval 60 – 80. Setelah diuji dengan menggunakan rumus uji normalitas dan rumus uji t-tes, sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang tinggal di pesantren dan peserta didik yang tidak tinggal di pesantren kelas VII MTs N Kalibeber tahun pelajaran 2016/2017, dapat diterima. Ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung (3,729) lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 0,05 (2,06).
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Al-Qur’an Hadits, Pesantren
Tidak tersedia versi lain