UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Pembelajaran Al-Qur`an Hadis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber Tahun Pelajaran 2016/2017

Rofi`athul Ummah - Nama Orang;

Pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran dinilai berpengaruh pada hasil belajar peserta didik di sekolah.Hasil belajar adalah salah satu alat ukur untuk mengetahui berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber dengan menggunakan media pembelajaran puzzle.
Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian eksperimen, dengan metode penelitian kuantitatif, serta menggunakandesaineksperimenpretes-posttest control design. Subjek dalam penelitian ini ialah Kepala Madrasah Aliyah NegeriKalibeber, guru matapelajaran Al-Qur’an Hadiskelas XI, dansiswaKelas XI Madrasah Aliyah NegeriKalibeber. Sampel yang diambil ialah dua kelas XI yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes.
Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji gain. Hasilpengujianhipotesismenunjukkanbahwathitunglebihbesardarittabel. Dari hasilperhitungan, diperolehthitungsebesar 3,453. Selanjutnyathitungtersebutdibandingkandenganttabeldengadk = n1 – n2 – 2 =66. Dengandk 66 dantarafkesalahan 5%, makattabel = 2,000. Dalamhaliniberlakuketentuanbilathitunglebihkecildarittabel, maka Ho diterima. Ternyatadiperolehthitunglebihbesardarittabel(3,453 > 2,000). Dengandemikian Ho ditolak Ha diterima.Kesimpulannyayaituadaperbedaanhasilbelajar Al-Quran HadisKelas XI MA NegeriKalibeber yang menggunakan media pembelajaranPuzzledenganmetodekonvesional (ceramah). Hasiluji gain kelaskontroldiperolehhasil, 0,58. Dapatdisimpulkanbahwapeningkatanhasilbelajarkelaskontrolsedang, karenahasiluji g yaitu 0,3< 0,58 < 0,7.Hasil uji gain kelaseksperimendiperolehhasilbelajar 0,66. Dapatdisimpulkanbahwapeningkatanhasilbelajarkelaseksperimensedang, karenahasiluji g yaitu 0,3< 0,66 < 0,7. Dengan demikian, hal ini dapat menunjukan adanya peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber dengan menggunakan media pembelajaran puzzle.


Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle, Hasil Belajar Siswa
.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
4453FITK2017
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4453 ROF p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran Puzzle
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rofi`athul Ummah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?