Skripsi
Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Pembelajaran Al-Qur`an Hadis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber Tahun Pelajaran 2016/2017
Pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran dinilai berpengaruh pada hasil belajar peserta didik di sekolah.Hasil belajar adalah salah satu alat ukur untuk mengetahui berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber dengan menggunakan media pembelajaran puzzle.
Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian eksperimen, dengan metode penelitian kuantitatif, serta menggunakandesaineksperimenpretes-posttest control design. Subjek dalam penelitian ini ialah Kepala Madrasah Aliyah NegeriKalibeber, guru matapelajaran Al-Qur’an Hadiskelas XI, dansiswaKelas XI Madrasah Aliyah NegeriKalibeber. Sampel yang diambil ialah dua kelas XI yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes.
Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji gain. Hasilpengujianhipotesismenunjukkanbahwathitunglebihbesardarittabel. Dari hasilperhitungan, diperolehthitungsebesar 3,453. Selanjutnyathitungtersebutdibandingkandenganttabeldengadk = n1 – n2 – 2 =66. Dengandk 66 dantarafkesalahan 5%, makattabel = 2,000. Dalamhaliniberlakuketentuanbilathitunglebihkecildarittabel, maka Ho diterima. Ternyatadiperolehthitunglebihbesardarittabel(3,453 > 2,000). Dengandemikian Ho ditolak Ha diterima.Kesimpulannyayaituadaperbedaanhasilbelajar Al-Quran HadisKelas XI MA NegeriKalibeber yang menggunakan media pembelajaranPuzzledenganmetodekonvesional (ceramah). Hasiluji gain kelaskontroldiperolehhasil, 0,58. Dapatdisimpulkanbahwapeningkatanhasilbelajarkelaskontrolsedang, karenahasiluji g yaitu 0,3< 0,58 < 0,7.Hasil uji gain kelaseksperimendiperolehhasilbelajar 0,66. Dapatdisimpulkanbahwapeningkatanhasilbelajarkelaseksperimensedang, karenahasiluji g yaitu 0,3< 0,66 < 0,7. Dengan demikian, hal ini dapat menunjukan adanya peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber dengan menggunakan media pembelajaran puzzle.
Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle, Hasil Belajar Siswa
.
Tidak tersedia versi lain