Skripsi
Penerapan Media Pembelajaran Permainan Kartu Domino dan Kartu Soal Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa (Studi Kasus Pembelajaran IPA Fisika Pokok Bahasan Alat Optik di MTS Negeri Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Mendeskripsikan media kartu domino dan kartu soal pada materi alat optik pada kelas VIII di MTs Negeri Karanganyar, (2) Mengetahui peningkatan penggunaan media kartu domino dan kartu soal terhadap prestasi belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa, (3) Mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar dan kemampuan berfikir kritis dengan menggunakan kartu domino dan kartu soal, dan (4) mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan kartu domino dan kartu soal.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Karanganyar Purbalingga tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII A menggunakan media pembelajaran kartu domino dan kelas VIII B menggunakan media pembelajaran kartu soal. Penentuan sampel menggunakan proportionate stratiefed random sampling. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, tes dan angket. Analisis menggunakan uji t dan uji gain.
Hasil analisis data (taraf signifikan 5%) adalah (1) Media pembelajaran melalui kartu domino dan kartu soal meliputi perencanaan proses pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP, pelaksanaan proses pembelajaran melalui pembagian kelompok, siswa memainkan satu set kartu domino yang terdiri dari 28 kartu dan siswa aktif tanya jawab saat pembelajaran berlangsung, dan tahap penutupan yang meliputi kegiatan menyimpulkan materi pembelajaran. (2) Ada peningkatan prestasi belajar dibuktikan dengan nilai dan peningkatan pada kemampuan berfikir kritis dengan dengan taraf signifikan 5%. (3) Besar peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen 1 sebesar 1,51 dan kelas eksperimen 2 sebesar 1,32 sedangkan kemampuan berfikir kritis kelas eksperimen 1 sbesar 0,67 dan kelas eksperimen 2 yaitu 0,23. (4) Terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar dan kemampuan berfikir kritis antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Untuk prestasi belajar kelas eksperimen 1 lebih besar yaitu 19% dari pada kelas eksperimen 2 begitu pula kemampuan berfikir kritis lebih besar 44% yang membuktikan bahwa media pembelajaran melalui media kartu domino lebih dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dibanding dengan media pembelajaran melalui media kartu soal. Jadi penggunaan media pembelajaran kartu domino dan kartu soal dapat meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa di MTs Negeri Karanganyar materi alat optik kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Media Kartu Domino, Media Kartu Soal, Prestasi Belajar, dan Kemampuan berfikir kritis.
Tidak tersedia versi lain