Skripsi
Penerapan Metode Dialog Dalam Mengembangkan Pemikiran Anak (Kajian Buku Cara Nabi Mendidika Anak Sub Bab Cara-Cara Nabi Mendidika Anak Karya Ir. Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaidi)
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengertian metode dialog. (2) Untuk mengetahui tahap perkembangan pemikiran anak. (3)Untuk mengetahui penerapan metode dialog dalam mengembangkan pemikiran anak menurut Ir. Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaidi.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang, secara individual maupun kelompok. Data suatu penelitian dikumpulkan untuk mengetahui desain dan rancangan penelitian. Hal itu bisa didapatkan melalui pengumpulan data, observasi, maupun dokumentasi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian dan pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data-data dari berbagai literatur yang sudah ada. Teknik yang digunakan ialah content analysis atau kajian isi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dialog dengan tenang bersama anak akan membantu menumbuhkan akal anak dan mempertajam penalarannya. Membiasakan anak berdialog mendorong anak untuk mencapai puncak tarbiyah dan pembinaannya. Dengan itu anak punya kemampuan untuk mengungkapkan apa yang dirasa sebagai haknya dan menanyakan persoalan yang tidak dimengerti. Di samping itu, akan timbul keberaniannya berpikir dan punya tempat di tengah-tengah orang-orang dewasa. Selain itu dengan menggunakan metode ini juga dapat melatih keberanian peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya. Di samping itu metode ini dapat membangkitkan kreativitas dan minat peserta didik agar lebih aktif dan bersungguh-sungguh mengikuti pelajaran, pendidik dapat mendeteksi pemahaman peserta didiknya. Selain itu juga dapat meningkatkan motivasi terhadap peningkatan berpikir keras serta adanya hubungan akrab dan menyenangkan, mendidik peserta didik untuk bersemangat mencari kebenaran dengan argumen yang kuat dan rasional. Peserta didik juga dapat berpikir aktif.
Kata kunci: Metode Dialog, Perkembangan Pemikiran Anak
Tidak tersedia versi lain