Skripsi
Manajemen Pendidikan Bagi Anak Usia 6-12 Tahun di Panti Asuhan Balai Yatim HJ. Maryam, Kalibeber Mojotengah Wonosobo Tahun 2017
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk 1). Untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana panti asuhan Balai Yatim Hj. Maryam melaksanakan manajemen pendidikan bagi anak usia 6-12 tahun. 2). Memberikan gambaran yang jelas tentang beberapa kendala dalam pelaksanaan manajemen pendidikan bagi anak usia 6-12 tahun di Balai Yatim Hj. Maryam. 3). Mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak panti asuhan untuk mengatasi masalah dalam manajemen pendidikan bagi anak usia 6-12 tahun di Balai Yatim Hj. Maryam. Metode Penelitiannya kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian yaitu, sumber data primer dan sekunder. Kemudian data di peroleh dari berbagai metode yaitu, Observasi, Interview dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan yaitu analisis sebelum dilapangan dan analisis selama di lapangan yang memiliki komponen 1). Pengumpulan data, 2) Redaksi data, 3) Penyajian, 4). Penarikan kesimpulan ( Verifikasi).
Hasil dari penelitian ini proses Manajemen Pendidikan bagi anak usia 6-12 tahun pada penelitian ini di panti asuhan Balai Yatim Hj. Maryam dalam kategori kurang baik dari fungsi manajemen serta tugas dan kewajiban manajer. Hal ini dikarenakan : Manajemen pendidikan di Balai Yatim Hj. Maryam belum terlaksana secara optimal. Kendala-kendala yang dihadapi yaitu: (1) Pengawasan kepala sekolah selaku manajer yang masih relatif kurang selama proses manajemen pembelajaran di Balai Yatim Hj. Maryam, (2) Sarana dan Prasarana, (3) Masalah yang dihadapi pengasuh dalam proses pendidikan yang relatif kompleks, (5) Angaran pendanaan, (6) Tingkat kesadaran masyarakat yang masih kurang dalam mensikapi anak yang membutuhkan penanganan khusus tentang bagaimana memperlakukan anak yatim, piatu, yatim piatu, dan terlantar. Upaya yang dilakukan oleh pihak panti untuk mengatasi masalah dalam manajemen pendidikan bagi anak usia 6-12 tahun di Balai Yatim Hj. Maryam kalibeber yaitu Berbagai macam upaya yang dilakukan pihak panti di Balai Yatim Hj. Maryam, dalam proses pendidikan harus bervariasi dari metode dan pendidik yang tidak hanya satu atau dua saja dan semua itu bisa dilakukan dengan menjalin kerasama dengan pihak SD dan pihak lain dalam pemberian pendidikan untuk anak asuh, cari informasi mengenai proses manajemen Pendidikan yang efektif untuk anak yatim, piatu, yatim piatu, dan terlantar baik itu perecanaanya, pengorganisasiannya maupun yang lainnya, kemudian pengasuh harus memanfaatkan dan mendayagunakan dengan sebaik-baiknya sarana prasarana yang ada.
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Panti Asuhan, Anak Usia 6-12 Tahun
Tidak tersedia versi lain