UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV MI Ma`arif Surengede)

Alfiah - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Surengede, mengetahui problematika metodologi pembelajaran Bahasa Arab serta faktor-faktor penyebabnya dan mengetahui solusi yang diberikan terhadap problematika pembelajaran Bahasa Arb di MI Ma’arif Surengede.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang berbentuk deskriptif analitis dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’rif Surengede yang berjumlah 35 siswa dalam satu kelas. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara secara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu teknik analisis bingkai yaitu dengan mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi penyebab, melakukan evaluasi moral dan melakukan penanggulangan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Surengede menggunakan metodologi pembelajaran yang belum variatif, artinya guru masih menggunakan metodologi pembelajaran yang sama dalam setiap kali pertemuan.Adapun problematika pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Surengede terkait dengan metodologi pembelajaran Bahasa Arab ialah : problem pendekatan yaitu: banyak siswa yang diam ketika diberi kesempatan untuk berbicara, guru hanya fokus pada satu pendekatan saja, guru sulit mengontrol emosi . Problem metode yaitu: pengajaran Bahasa Arab terlihat monoton, siswa merasa bosan,belum ada singkronisasi antara pendekatan dan metode, pemahaman metode pembelajaran Bahasa Arab oleh guru. Problem teknik yaitu: siswa banyak yang tidak nyambung, guru sulit mendeteksi antara siswa yang sudah paham dan yang belum paham.

Kata kunci: Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab, metodologi



Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
4400FITK2017
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4400 ALF p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran Bahasa Arab
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Alfiah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?