Skripsi
Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV MI Ma`arif Surengede)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Surengede, mengetahui problematika metodologi pembelajaran Bahasa Arab serta faktor-faktor penyebabnya dan mengetahui solusi yang diberikan terhadap problematika pembelajaran Bahasa Arb di MI Ma’arif Surengede.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang berbentuk deskriptif analitis dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’rif Surengede yang berjumlah 35 siswa dalam satu kelas. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara secara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu teknik analisis bingkai yaitu dengan mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi penyebab, melakukan evaluasi moral dan melakukan penanggulangan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Surengede menggunakan metodologi pembelajaran yang belum variatif, artinya guru masih menggunakan metodologi pembelajaran yang sama dalam setiap kali pertemuan.Adapun problematika pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Surengede terkait dengan metodologi pembelajaran Bahasa Arab ialah : problem pendekatan yaitu: banyak siswa yang diam ketika diberi kesempatan untuk berbicara, guru hanya fokus pada satu pendekatan saja, guru sulit mengontrol emosi . Problem metode yaitu: pengajaran Bahasa Arab terlihat monoton, siswa merasa bosan,belum ada singkronisasi antara pendekatan dan metode, pemahaman metode pembelajaran Bahasa Arab oleh guru. Problem teknik yaitu: siswa banyak yang tidak nyambung, guru sulit mendeteksi antara siswa yang sudah paham dan yang belum paham.
Kata kunci: Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab, metodologi
Tidak tersedia versi lain