Skripsi
Implementasi Media Animasi Presentasi Untuk Peningkatan Retensi dan Hasil Obyektif Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Cahaya di SMP Darul Falach Wonosobo
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan retensi atau daya ingat siswa dan hasil tes obyektif siswa pada mata pelajaran fisika materi cahaya di SMP Darul Falach Wonosobo tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, sampelnya 21 siswa untuk kelas eksperimen dan 21 siswa untuk kelas kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes retensi dan tes obyektif.Tes retensi digunakan untuk mengukur daya ingat siswa setelah diberi perlakuan. Tes obyektifdigunakan untuk mengukur perbedaan nilai tes obyektif siswa setelah diberi perlakuan.
Media animasi presentasi berpengaruh terhadap retensi dan hasil tes obyektif siswa yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan bahwa thitung> ttabel atau 8,35> 2,021 untuk retensi siswa dan untuk uji hipotesis pada hasil tes obyektif3,635> 2,021.Media animasi presentasi mempunyai pengaruh yang baik untuk siswa karena siswa akan lebih tertarik untuk memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru. Sehingga ketika diberi tes retensi atau daya ingat maupun tes obyektif setelah diberikan materi siswa juga akan lebih mudah mengerjakan.
Kata Kunci: Media animasi presentasi, retensi dan tes obyektif
Tidak tersedia versi lain