Skripsi
Internalisasi Nilai-Nilai Kejujuran Melaui Pembiasaan Praktik Keagamaan Dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Siswa Kelas 2 di SD Al-Madina Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembiasaan praktik keagaaman siswa, penerapan nilai kejujuran melalui kegiatan pembiasaan praktik keagamaan dalam ketaatan beribadah siswa, serta upaya yang dilakukan SD Al-Madina dalam menginternalisasi nilai-nilai kejujuran melalui pembiasaan praktik keagamaan dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa kelas 2 di SD Al-Madina Wonosobo.
Penelitian ini merupakan penelitian dekstriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas 2. Pengumpulan data diambilmelalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian sudah menunjukkan bahwa keseluruhan pihak sekolah sudah mengimplementasikan internalisasi nilai-nilai kejujuran namun kurang maksimal. Guru memiliki cara masing-masing dalam menginternalisasi nilai-nilai kejujuran di sekolah. Internalisasi nilai-nilai kejujuran di SD Al Madina diimplementasikan melalui pembiasaan praktik keagamaan. Kegiatan praktik keagamaan meliputi do’a pagi bersama di halaman sekolah, BTHQ sebelum jam pembelajaran, berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, sholat jum’at berjamaah wajib bagi siswa laki-laki dan kegiatan amal/infaq. Dalam menginternalisasi nilai-nilai kejujuran diperlukan metode pendekatan, pembiasaan, peneladanan serta pemotivasian. Hambatan dalam menginternalisasi nilai-nilai kejujuran melalui pembiasaan praktik keagamaan yaitu kurangnya komunikasi antara guru ngaji dengan wali kelas, adanya wali siswa yang kurang respon terhadap permasalahan siswa di sekolah, dan kurangnya kerjasama dengan orang tua, seperti tidak mengisi buku taklim.
Kata kunci : internalisasi, nilai-nilai kejujuran, praktik keagamaan.
Tidak tersedia versi lain