UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Internalisasi Nilai-Nilai Kejujuran Melaui Pembiasaan Praktik Keagamaan Dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Siswa Kelas 2 di SD Al-Madina Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017

Retno Kumalasari - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembiasaan praktik keagaaman siswa, penerapan nilai kejujuran melalui kegiatan pembiasaan praktik keagamaan dalam ketaatan beribadah siswa, serta upaya yang dilakukan SD Al-Madina dalam menginternalisasi nilai-nilai kejujuran melalui pembiasaan praktik keagamaan dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa kelas 2 di SD Al-Madina Wonosobo.
Penelitian ini merupakan penelitian dekstriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas 2. Pengumpulan data diambilmelalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian sudah menunjukkan bahwa keseluruhan pihak sekolah sudah mengimplementasikan internalisasi nilai-nilai kejujuran namun kurang maksimal. Guru memiliki cara masing-masing dalam menginternalisasi nilai-nilai kejujuran di sekolah. Internalisasi nilai-nilai kejujuran di SD Al Madina diimplementasikan melalui pembiasaan praktik keagamaan. Kegiatan praktik keagamaan meliputi do’a pagi bersama di halaman sekolah, BTHQ sebelum jam pembelajaran, berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, sholat jum’at berjamaah wajib bagi siswa laki-laki dan kegiatan amal/infaq. Dalam menginternalisasi nilai-nilai kejujuran diperlukan metode pendekatan, pembiasaan, peneladanan serta pemotivasian. Hambatan dalam menginternalisasi nilai-nilai kejujuran melalui pembiasaan praktik keagamaan yaitu kurangnya komunikasi antara guru ngaji dengan wali kelas, adanya wali siswa yang kurang respon terhadap permasalahan siswa di sekolah, dan kurangnya kerjasama dengan orang tua, seperti tidak mengisi buku taklim.
Kata kunci : internalisasi, nilai-nilai kejujuran, praktik keagamaan.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
4382FITK2017
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4382 RET i
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KEJUJURAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Retno Kumalasari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?