Skripsi
Penggunaan Metode Mim-Mem Dalam Peningkatan Penguasaan Mufrodat Kelas V MI Ma'arif Kalibeber Mojotengah Wonosobo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui PerbedaanDalamPeningkatanPenguasaanMufrodatAntaraKelasKontroldanKelasEksperimenPadaKelas V MI Ma’arifKalibeberWonosobo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VMI Ma’arifKalibeberWonosobo yang berjumlah 42 siswa. Sampel yang diambil adalah 2 kelas, yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.
Data hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji gain. Hasil analisis uji-t dengan taraf signifikansi 1% dan5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung sebesar 2,95, ttabel 1% = 2,704 ttabel 5%= 2,021, berarti thitung > ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaanmufrodat Arab siswa kelas VMI Ma’arifKalibeberWonosobo yang menggunakanMetodeMim-Mem (Mimicry Memorization Method)dengan metode ceramah (konvensional). Dari uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,79 dengan kriteria tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,7 dengan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang sama-sama baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan MetodeMim-Mem (Mimicry Memorization Method) dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional.
Kata Kunci: PeningkatanPenguasaanMufrodat,MetodeMim-Mem
Tidak tersedia versi lain