Skripsi
Implementasi Problem Based Learning Terhadap High Order Thinking dan Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Kelas VIII di SMP N 3 Bulu Tahun Pelajaran 2016/2017
Problem based learning untuk melatih kemampuan High Order Thinking siswa yang masih rendah, selain itu siswa masih juga masih takut dan malu untuk bertanya kepada guru hal tersebut akan membuat siswa kurang dalam pemahaman konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran fisika berbasis berbasis masalah di SMP N 3 Bulu. (2) Mengetahui efektifitas problem based learning terhadap high order thinking siswa (3) Mengetahui seberapa besar peningkatan high order thinking siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara proportionate stratified random sampling, dengan sampel 23 siswa untuk kelas ekperimen dan 23 siswa untuk kelas kontrol, sampel ini diambil dari populasi kelas VIII siswa SMP N 3 Bulu sebanyak 206. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk melihat objek penelitian, wawancara, dan tes pilihan ganda dan essay untuk melihat hasil prestasi belajar kemampuan High order thinking siswa baik sebelum dan sesudag diberi perlakuan (pretest dan postets).
Hasil analisis uji t dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika berbasis masalah efektif dalam meningkatkan high order thingking siswa hal ini diperoleh dari thitung high order thinking 3,349 sedangkan ttabel 2,0105 dengan taraf kesalahan relatif 5% dan thitung hasil prestasi belajar siswa sebesar 2,599 dan ttabel 2,0105. Kedua kelas eksperimen dan kontrol mengalami peningkatan dalam kategori sedang yaitu 0,640 kelas eksperimen dan 0,554 kelas kontrol.
Kata Kunci: Problem Based Learning, High order thinking, Prestasi belajar
Tidak tersedia versi lain