Skripsi
Penggunaan Media Macromedia Flash Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Al-Qur`an Materi Makharijul Huruf Siswa Kelas VII SMP Takhassus Al-Qur`an Kalibeber Mojotengah Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan media Macromedia Flash dalam pembelajaran Al-Qur’an materi Makharijul Huruf, (2) seberapa besar pengaruh penggunaan media Macromedia Flash terhadap peningkatan prestasi belajar Al-Qur’an materi Makharijul Huruf, (3) perbedaan prestasi belajar Al-Qur’an materi Makharijul Huruf yang menggunakan media Macromedia Flash dengan yangtidak menggunakan media Macromedia Flash siswa kelas VII di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain quasi eksperimental design.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Tahun Ajaran 2016/2017. Yang menjadi populasi seluruh kelas VII dan sampelnya diambil 2 kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes.
Data hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji gain. Dengan uji hipotesis yang diperoleh thitung sebesar 8,11. Selanjutnya thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 15 + 15 – 2 = 28. Dengan dk 28 dan taraf kesalahan 5%, maka ttabel = 2,048. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa thitung> ttabel (8,11> 2,048), dan hasil pengujian genitas yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,24 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,14. Artinya nilai prestasi belajar Al-Qur’an materi Makharijul Huruf yang menggunakan media Macromedia Flash lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional, dan terdapat peningakatan prestasi belajar Al-Qur’an materi Makharijul Huruf dengan penggunaan media Macromedia Flash.
Kata Kunci: Macromedia Flash, Prestasi Belajar, Makharijul Huruf
Tidak tersedia versi lain