Skripsi
Pembelajaran Fiqih Dengan Multimedia Interaktif Pada Siswa Kelas VIIdi SMP Takhassus Al-Qur`an Kalibeber Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
tahun 2017.
Permasalahan yang dikaji dalam peneltian ini adalah : (1) Apa sajakah multimedia interaktif yang digunakan pada mata pelajaran Fiqih kelas VII. (2) Bagaimanakah penggunaan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran mata pelajaran Fiqih kelas VII. (3) Faktor-faktor apa yang menjadi penunjang dan penghambat dalam penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran Fiqih kelas VII.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang membangun makna berdasarkan data lapangan.Prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari data tersebut diambil kesimpulan.Teknikanalisisyangdigunakandalampenelitianiniadalahkualitatif descriptifyaitumendeskripsikan pembelajaran Fiqih dengan multimedia interaktif pada siswa kelas VII di SMP Takhasus al-Qur’an Kalibeber Wonosobo tahun pelajaran 2016/2017.
Hasildari analisis pembelajaran Fiqih menggunakan multimedia interaktif pada siswa kelas VII di SMP Takhasus al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Pertama jenis-jenis multimedia interaktif yang digunakan dalam proses pembelajaran Fiqih kelas VII adalah power point interaktif, media audio visual, animasi digital dan video pembelajaran. Selanjutnya proses penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran Fiqih kelas VII meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran. Faktor-faktor yang menunjang dan penghambat penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran Fiqih kelas VII, pertama faktor penunjang meliputi: adanya minat dari pendidik untuk mengembangkan kecakapannya dalam mengajar menggunakan media pembelajaran, tersedianya sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah untuk membuat media pembelajarannya sendiri. Faktor penghambat penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran Fiqih kelas VII, diantaranya: adanya peserta didik memiliki semangat belajar yang cukup rendah, multimedia yang digunakan masih relatif sederhana dan kurang jumlahnya, keterbatasan alat dan media penunjang lainnya.
Kata kunci : Pembelajaran Fiqih, Multimedia Interaktif.
Tidak tersedia versi lain