Skripsi
Studi Korelasi Antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di MTS Ma`arif Kertek Tahun Ajaran 2016/2017
Belajar merupakan unsur yang sangat fundamenta dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Banyak unsur yang mempengaruhi belajar siswa salah satunya motivasi belajar. Motivasi akan menjadi faktor pendorong seorang siswa untuk belajar sehingga siswa mampu menghasilkan hasil belajar yang memuaskan. Memiliki motivasi membuat seseorang rela berkorban dan tidak mudah menyerah agar apa yang dicita-citakan tercapai. Dengan motivasi seseorang bisa menjadi semangat, menjadi tekun untuk melakukan sesuatu, menjadikan dirinya menjadi percaya diri, bahkan bisa menjadikan dirinya berhasil, sukses dan berprestasi
Penulisan skripsi dalam judul pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII di MTs Ma’arif Kertek Tahun Pelajaran 2016/2017, bertujuan untuk mengetahui bagaimana korelasimotivasi belajar siswa terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII di MTs Ma’arif Kertekdengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasi. Untuk pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan membagikan angketuntuk mengetahui motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan analisis prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil perhitungan koefisien korelasi menggunakankorelasi product moment sebesar 0,5028. Nilai r tabel dengan α =5% dan 1% dan jumlah responden 50 adalah0,279 dan 0,361. Jadi, nilairxy= 0,5028>rt(0,05)dan rt(0,01)=0,279 dan 0,361 berarti hipotesis penelitian variabel X terhadap variabel Y adalah signifikan. Hal ini menunjukkan ada korelasi yangsignifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII di MTs Ma’arif Kertek Tahun Pelajaran 2016/2017
Kata Kunci: Motivasi, Belajar dan Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain