Skripsi
Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Gadingrejo Kepil Wonosobo
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan karakter telah menjadi salah satu bagian yang terintegrasi pada mata pelajaran di sekolah/madrasah. Karakter yang dipengaruhi oleh lingkungan yang baik akan membentuk akhlak mulia (al-akhlâq al-karîmah), sebaliknya bila dipengaruhi lingkungan yang kurang baik, maka akan terbentuk akhlak tercela (al-akhlâq al-mazmûmah). Adapun rumusan masalah dari skripsi ini adalah, pertama, bagaimanakah upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan dan internalisasi nilai-nilai karakter di MI Islamiyah Gadingrejo Wonosobo? Kedua, bagaimana peran utama guru dalam pelaksanaan dan internalisasi nilai-nilai karakter di MI Islamiyah Gadingrejo Wonosobo? Ketiga, faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam upaya internalisasi nilai-nilai karakter di MI Islamiyah Gadingrejo Wonosobo?
Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MI Islamiyah Gadingrejo Wonosobo. Dalam mengumpulkan data penelitian, penulis menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk membuat deskripsi mengenai variabel yang diteliti, yaitu mengenai bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MI Islamiyah Gadingrejo Wonosobo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, komponen-komponen pendidikan seperti tujuan, kurikulum, metode, guru, siswa, media (sarana dan prasarana) serta evaluasi dalam pembelajaran yang terpenuhi dengan baik dapat memperlancar pelaksanaan pembelajaran dan pendidikan karakter. Kedua, internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MI Islamiyah Gadingrejo Wonosobo dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran di kelas, ekstra kurikuler, bimbingan individu, kegiatan sebelum dan sesudah jam pelajaran serta kegiatan peringatan hari besar Islam dan hari besar nasional. Ketiga, internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MI Islamiyah Gadingrejo Wonosobo meliputi 4 (empat) indikator yaitu: (a) religius; (b) disiplin; (c) jujur, dan; (d) tanggung jawab.
Kata Kunci: internalisasi nilai, pendidikan karakter, MI Islamiyah Gadingrejo Kepil Wonosobo.
Tidak tersedia versi lain