Skripsi
Efektivitas Penggunaan Metode Takrir Dalam Kualitas Hafalan Al-Qur`an Mahasiswi Santri Pondok Pesantren MMQ Munggang Mojotengah Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Al-Qur’an merupakan firman Allah yang agung, yang dijadikan pedoman oleh seluruh kaum Muslimin. Membacanya bernilai ibadah dan mengamalkannya merupakan kewajiban yang diperintahkan dalam agama. Seorang muslim harus mampu membaca ayat-ayat al-Qur’an dengan baik sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah saw. al-Qur’an juga adalah gudangnya ilmu dan gerbangnya adalah membaca dan menghafalnya. Mungkin tepat untuk mengilustrasikan betapa besarnya peranan membaca dan menghafalkan bagi tumbuhnya kekuatan akal dan intelektual.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan program product moment.
Dari seluruh uraian yang telah dikemukakan dalam bab-bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di pondok pesantren MMQ . Tentang penggunaan metode takrir terhadap menjaga kualitas hafalan Al-Qur’an mahasiswi diperoleh hasil bahwa kegiatan persiapan penggunaan metode takrir dalam setiap kegiatan sebagai berikut: mengulang hafalan terlebih dahulu sebelum mengikuti takrir sebesar 80% kemudian di sima’ orang lain terlebih dahulu sebesar 80%, dan memiliki tempat takrir sebesar 77.5%. Kegiatan penggunaan metode takrir : pada setiap takrir sendiri sebesar 75%, takrir dalam shalat sebesar 82.5% , takrir bersama sebesar 77.5%.
Kata kunci: metode takrir, kualitas hafalan Al-Qur’an
Tidak tersedia versi lain