Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Siswa (Studi Kasus Model Pembelajaran di MAN Kalibeber Kelas XI Pokok Bahasan Fluida Dinamis Tahun Pelajaran 2016/2017)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya 1) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar. 2) pengaruh kreativitas tinggi dan kreativitas rendah terhadap hasil belajar. 3) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dengan kreativitas siswa terhadap hasil belajar.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen faktorial. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu eksperimen dan kontrol. Kedua kelas diberi angket kreativitas dan tes kemampuan awal. Setelah diberi perlakuan, siswa diberi dikenakan tes akhir berupa tes hasil belajar siswa. Hasil dari kedua data tersebut dipakai sebagai data hasil penelitian yang kemudian diolah dan dibandingkan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Populasi penelitian sampel diambil berdasarkan Proportionet Stratified Random Sampling. Kemudian diperoleh sampel penelitian 36 siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dan dan 34 siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa: 1) Hipotesis pertama menggunakan anava dua jalan diperoleh Fhitung = 15,52 sedangkan Ftabel = 3,09 dengan taraf signifikan 5% dan Ftabel = 7,04 dengan taraf signifikan 1% . Karena Fhitung> Ftabel, maka H0 ditolak, ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar. 2) Hipotesis kedua menggunakan anava dua jalan diperoleh Fhitung = 133,23 sedangka Ftabel = 3,99 dengan taraf signifikan 5%Ftabel = 7,04 dengan taraf signifikan 1%. Karena Fhitung> Ftabel, maka H0 ditolak, ini menunjukkan adapengaruh kreativitas tinggi dan kreativitas rendah terhadap hasil belajar. 3) Hipotesis ketiga menggunakan anava dua jalan diperolehFhitung = 9,99 sedangkan Ftabel = 3,99 dengan taraf signifikan 5%Ftabel = 7,04 dengan taraf signifikan 1%. Karena Fhitung> Ftabel, maka H0ditolak, ini menunjukkan ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan kreativitas siswa terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: TAI (Team Assisted Individualization), Kreativitas, Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain